Viral Foto Anak TK Katolik Pelukan Dengan Anak TK Islam


Lihatnya bikin adem!
Toleransi dalam beragama ternyata tidak hanya dilakukan oleh banyak orang dewasa, lho. Memang benar bahwa nilai toleransi harus ditanamkan sejak dini. Seperti halnya yang terlihat pada foto viral di sosial media baru-baru ini.
Sebuah foto yang memperlihatkan anak kecil berbaju oranye terlihat sedang memeluk temannya yang mengenakan jilbab dan mengalungkan tasbih. Bocah kecil tersebut sangat bahagia tampak dari tawa lebar di raut wajahnya.
medan.tribunnews.com
medan.tribunnews.com
Dilansir dari Tribunnews, foto penampakan anak kecil yang memeluk temannya dengan erat ini juga diunggah oleh akun @Jumrana Sukisman pada laman Facebook pribadinya hari Jumat (10/5/2019).
Postingan itu bertuliskan keterangan pada captionnya bahwa sang anak kecil berbaju oranye itu adalah anak TK Katolik Santo Bernardus. Sedangkan anak kecil berjilbab yang dipeluk itu adalah anak TK Islam Aisyah Bustanu Athfal (ABA) 1.
Momen pada foto tersebut terjadi ketika anak-anak TK Katolik Santo Bernardus berkunjung ke TK Aisyah Bustanu Athfal. Dari foto tersebut, tampak sejumlah anak-anak TK ini didampingi guru-gurunya tertawa melihat aksi lucu dan harmonis kedua anak kecil itu.
Momen ini juga terekam video pada akun YouTube bernama Radar Madiun Tv. Pada keterangan video tersebut dijelaskan bahwa pertemuan kedua Taman Kanak-kanak ini terjadi pada Kamis (9/5/2019).
Video yang berudrasi kurang dari satu menit ini memperlihatkan anak-anak kecil berjejer memasuki area sekolah disambut oleh sekumpulan anak-anak yang berbaris didampingi para guru masing-masing. Tampak juga mereka saling bersalaman antara satu dengan lainnya.
“Seluruh pelajar TK membaur dan saling bersuka cita” tulisan pada video tersebut.
Selain itu, anak kecil perempuan yang ada pada foto itu memegang tasbih dan mengalungkannya kepada temannya yang mengenakan jilab itu kemudian keduanya bersalaman. Bocah cilik perempuan itu lalu memeluk erat temannya sambil tertawa lebar dan penuh kebahagiaan.
Tampak juga anak-anak kecil dari TK Katolik Santo Bernardus memberikan hadiah dan diterima oleh anak-anak TK Aisyah Bustanu Athfal. Kemudian anak-anak TK Aisyah Bustanu menampilkan tari persembahan kepada TK Katolik Santo Bernardus lalu keduanya tampak bermain bersama.
Foto dan video memperlihatkan kedua anak-anak dari TK agama berbeda ini langsung mendapatkan perhatian dari warganet.
@Sis Ummu Aysiah: “Alhamdullilah jd seger lihat yg ini.”
@Niken Satyawati: “Anak2 begitu murni, tak punya prasangka.”
@Dina Soetomo: “Indahnya persaudaraan dan persahabatan tanpa membedakan agama, suku, dsb…”
@Bobby Setiawan: “Senyumnya itu looooo tanpa ada beban anak anak cerminan kemanusiaan sejati.”
@Faidah Chalid: “Awal yg baik….Tawanya anak sungguh loss dan ceria…. “
@Ferry Ahmad: “Kita harus sama2 menyadari dan berusaha utk saling merangkul antara satu sama lain. Perbedaan itu IA ijinkan terjadi, agar kita dapat saling melengkapi dan saling memperkaya. Agar kelak kita semua kembali menyadari, bahwa sebelum kita dikenal sebagai umat beragama.. Kita semua lebih dulu, disebut sebagai umat manusia.”
Adem banget ya lihat yang seperti ini. Memang sudah seharusnya kita tanamkan nilai toleransi beragama sejak dini. Penampakan seperti ini tentu saja bikin haru banyak netizen. Semoga penampakan seperti ini semakin banyak kita temui di sekolah-sekolah lain ya!